Kamis, 16 November 2017

Humas: Pengertian, Tugas, Fungsi, dan Kegiatan

Related image

konsultan pr jakarta - Hubungan masyarakat (humas) adalah seni membuat pengertian umum yang lebih baik hingga dapat memperdalam keyakinan umum pada suatu individu/organisasi. Humas adalah terjemahan arti bhs Inggris : Public Relations (sering disingkap PR) atau " Hubungan Umum ".

Menurut International Public Relations Association (IPRA), Humas adalah peranan manajemen dari ciri yang terencana dan berkepanjangan melalui organisasi dan instansi swasta atau umum (public) untuk peroleh pengertian, simpati, dan support dari mereka yang berkaitan atau barangkali ada hubungan dengan riset opini public diantara mereka.

Tanggung Jawab Humas 
Jadi sebuah profesi seseorang Humas bertanggungjawab untuk memberi info, mendidik, memberikan keyakinan, mencapai simpati, dan menghidupkan ketertarikan orang-orang juga akan suatu hal atau buat orang-orang tahu dan terima sebuah kondisi.

Seseorang humas setelah itu diinginkan untuk buat program-program dalam ambil aksi dengan berniat dan terencana dalam upaya-upayanya menjaga, membuat, dan pelihara pengertian dengan pada organisasi dan orang-orangnya.

Tempat humas adalah penunjang tercapainya maksud yang diputuskan oleh suatu manajemen organisasi. Tujuan humas adalah umum internal dan eksternal, di mana dengan operasional humas bertugas membina hubungan serasi pada organisasi dengan publiknya dan menghindar munculnya halangan psikologis yang mungkin terjadi diantara keduanya.

Pekerjaan Humas 
Contoh pekerjaan Humas atau aktivitas staf PR adalah melobi, bicara dimuka umum, mengadakan acara, dan buat pernyataan tertulis.

Rencana basic Humas dikenalkan pada th. 1906 oleh Ivy Lee saat ia berhasil menjembatani perseteruan buruh batubara dan entrepreneur. Rencana ini lalu di kenal jadi Declaration of Principle (Deklarasi Beberapa Azas Basic), yakni prinsip yang terbuka dan tidak sembunyikan data dan kenyataan.

Humas di Indonesia di kenal pada th. 1950-an yang bertugas untuk menerangkan peranan dan beberapa fungsi setiap kementrian, jawatan, instansi, tubuh, dan beda sebagainya.

Pekerjaan seseorang humas adalah beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang humas dalam mempromosikan pengertian dan pengetahuan juga akan semua sebagian kenyataan mengenai runtutan kondisi atau sebuah kondisi dengan demikian rupa hingga memperoleh simpati juga akan peristiwa itu.

Biasanya kesan yang buruk datang dari ketidak-pedulian, prasangka jelek, sikap melawan, dan apatis. Seseorang petugas humas harus dapat untuk merubah beberapa hal ini jadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan.

Bagian penting dari pekerjaan petugas Humas dalam suatu organisasi adalah :


  1. Buat kesan (image), yakni deskripsi yang didapat seorang mengenai suatu kenyataan sesuai sama tingkat pengetahuan dan pengertian mereka (pada suatu product, orang, atau kondisi). 
  2. Pengetahuan dan pengertian. Humas memiliki peranan penting dalam menolong memberitahukan pada umum internal (dalam organisasi) dan umum eksternal (luar organisasi) dengan sediakan info akurat dalam format yang mudah dipahami hingga ketidak-pedulian juga akan suatu organisasi, product, atau tempat dapat diatasi melalui pengetahuan dan pengertian. 
  3. Membuat ketertarikan. Humas harus juga dapat membuat ketertarikan umum dalam suatu kondisi atau serial kondisi, yang mungkin saja berpengaruh besar dalam suatu organisasi atau sekumpulan orang. 
  4. Penerimaan. Orang-orang mungkin berlaku melawan pada suatu kondisi karena mereka tidak tahu apa yang tengah terjadi, atau kenapa hal itu terjadi. Profesi humas memiliki peranan kunci untuk menerangkan sebuah kondisi atau peristiwa dengan sejelas-jelasnya hingga ketidak-pedulian, dan bahkan juga sikap menentang, sebagai atmosfer di sekitarnya dapat diputar jadi pengertian dan penerimaan. 
  5. Simpati. Dengan menyampaikan info dengan terang dan tidak bias, biasanya adalah cara yang berhasil untuk mencapai simpati. 

Humas adalah sebuah sistem yang terus-terusan dari usaha-usaha manajemen untuk peroleh tekad baik dan pengertian dari pelanggan, pegawai, dan umum yang lebih luas. Dalam pekerjaannya, seseorang humas buat analisa kedalam dan perbaikan diri, dan buat pernyataan-pernyataan keluar.

Biasanya kesan yang buruk datang dari ketidak-pedulian, prasangka jelek, sikap melawan, dan apatis. Seseorang humas harus dapat untuk merubah beberapa hal ini jadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan.

Peranan humas 

Menurut Edward L. Bernays humas memiliki peranan seperti berikut :

  1. Memberi penerangan pada umum, 
  2. Melakukan persuasi pada umum untuk merubah sikap dan perilaku publik 
  3. Usaha untuk menjadikan satu sikap dan tingkah laku suatu instansi sesuai sama sikap dan perbuatan orang-orang, atau sebaliknya. 

Aktivitas humas 

70% % dari aktivitas humas berhubungan dengan tulis-menulis terkecuali beberapa pekerjaan yang lain, salah satunya :

  1. Membuat pesan tematik agar pesan yang di sampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/keterikatan pesan. 
  2. Melakukan segmentasi media, di mana seseorang humas harus dapat memformulasikan keseimbangan sama-sama dukung pada media bikin dan elektronik. 
  3. Komunikasi interaktif. Misalnya beberapa organisasi dalam membuat logonya melakukan pelibatan customer di mana dilakukan pertandingan membuat logo, contoh beda adalah rubrik konsultasi atau jasa layanan customer melalui telpon. 
  4. Melindungi reputasi perusahaan dan citra product melalui pemakaian kemampuan pesan dan atau kombinasinya. 
  5. Iklan multiguna (memakai momentum psikologis). 
  6. Penjualan simpatik. 
  7. Melakukan iklan layanan orang-orang. 
  8. Pemasaran dari mulut kemulut. 
  9. Arena pemasaran khusus di mana kesibukan didesain untuk melibatkan khalayak. 
  10. Memakai komunikasi yang akrab untuk pelanggan.

0 komentar:

Posting Komentar